Menyambung artikel sebelumnya yang berjudul Berkreasi Dengan Desktop Modding, kali ini saya akan coba membahas mengenai modifikasi program pada rainmeter. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya jika Anda memahami tipe bagian pada program rainmeter.
Konfigurasi Skin - File skin pada rainmeter menggunakan format ekstensi .ini yang dapat di load pada menu config pada context menu. Karena rainmeter bersifat expandable sehingga membebaskan setiap penggunanya untuk mengedit skin, mengkombinasikan atau bahkan membuat skin sendiri. Anda dapat menggunakan text editor yang paling umum digunakan seperti notepad atau notepad++ . Namun tidak direkomendasikan menggunakan microsoft word dalam hal ini karena code program di dalamnya tidak akan bisa terbaca. Format pemrogramannya pun cukup sederhana. Sebagai contoh :
[section]Merupakan judul suatu bagian ditandai dengan tanda ‘[]’.
Key = value
Menunjukkan nilai hubungan setara antara ‘key’ dan ‘value’.
;comment
Komentar pada setiap instruksi bisa diawali dengan semicolon ‘;’. Ada beberapa tipe bagian yang paling umum digunakan pada skin rainmeter yaitu :
[Rainmeter][Metadata][Variables][Measures][Meters]
[Rainmeter] Bagian ini digunakan untuk pengaturan skin secara global. umumnya item yang ditulis pada bagian ini adalah author atau nama pembuat skin, tanggal suatu skin direvisi, atau sebarapa sering suatu skin harus di update.
[Rainmeter]Author=verydias adityaUpdate=1000
Update = 1000 menyatakan suatu skin akan di update setiap 1000 milisekon. Artinya skin akan di update setiap 1 detik. Namun penggunaan update ini harus sesuai dengan fungsinya. Anda tidak perlu memasukan update=1000 untuk e-mail account karena pesan masuk tidak selalu muncul setiap detiknya. Lebih tepatnya Anda menggunakannya untuk memantau temperatur CPU atau memantau kapasitas disk Anda yang biasanya ditampilkan dalam angka, grafik atau histogram grafik.
[Metadata] Bagian ini mengandung informasi mengenai skin itu sendiri. Bagian ini sangat penting karena dalam mengedit atau bahkan membuat skin diperlukan nilai yang sesuai selain itu bagian ini mengandung informasi letak sumber image yang digunakan yang biasanya berformat .png.
[Metadata]
Name=Title | Subtitle
Config=Root Skin Folder | Subfolders | Current Folder
Description=Point 1 | Point 2 | Point 3
Instructions=Point 1 | Point 2 | Point 3
Version=
Tags=Tag 1 | Tag 2 | Tag 3
License=
Variant=
Preview=
Bagian metadata yang sudah berisi informasi
[Metadata]
Name=Enigma Clock | Big Clock
Config=Enigma | Sidebar | Clock
Description=Large analog clock with the date and your location. Instructions=Set your Weather Code to show your location.
Version=2.6 Tags=Time | Sidebar | Yahoo! Weather
License=Creative Commons Attribution-Non-Commercial-Share Alike 3.0 Preview=#SKINSPATH#Enigma\Resources\Images\Preview.png
Untuk mengedit bagian metadata Anda tinggal memasukan informasi yang diperlukan oleh skin. Selain itu pada listing di atas terlihat bagian preview yang berisi skinpath atau alamat source untuk skin tersebut yang tentu saja bisa Anda rubah agar tampilan skin dalam hal ini clock sesuai keinginan kita.
Name=Title | Subtitle
Config=Root Skin Folder | Subfolders | Current Folder
Description=Point 1 | Point 2 | Point 3
Instructions=Point 1 | Point 2 | Point 3
Version=
Tags=Tag 1 | Tag 2 | Tag 3
License=
Variant=
Preview=
Bagian metadata yang sudah berisi informasi
[Metadata]
Name=Enigma Clock | Big Clock
Config=Enigma | Sidebar | Clock
Description=Large analog clock with the date and your location. Instructions=Set your Weather Code to show your location.
Version=2.6 Tags=Time | Sidebar | Yahoo! Weather
License=Creative Commons Attribution-Non-Commercial-Share Alike 3.0 Preview=#SKINSPATH#Enigma\Resources\Images\Preview.png
Untuk mengedit bagian metadata Anda tinggal memasukan informasi yang diperlukan oleh skin. Selain itu pada listing di atas terlihat bagian preview yang berisi skinpath atau alamat source untuk skin tersebut yang tentu saja bisa Anda rubah agar tampilan skin dalam hal ini clock sesuai keinginan kita.
[Variables] Bagian variable digunakan untuk mendefinisikan suatu nilai item yang akan digunakan berulang-ulang. Anda tidak perlu mendefinisikannya berulang-ulang cukup mendeklarasikan sekali saja pada bagian variable.
VariableName=Value
Sedangkan untuk memanggil nilai tersebut pada bagian measure atau meter section cukup menuliskan nama variabel dengan tanda kres ‘#’:
#VariableName#
Sebagai contoh :
Untuk mengatur nilai variabel fontsize agar berlaku untuk semua meter section pada skin yang dibuat :
FontSize=12
Sehingga pada setiap meter section Anda cukup menuliskan parameter :
FontSize=#FontSize#
Maka pada setiap meter section pada skin akan menggunakan format font size berukuran 12. Hal ini lebih efektif jika dibadingkan merubah nilai font size satu persatu untuk mengubah nilai fontsize pada meter section secara keseluruhan. Terkecuali jika Anda menginginkan nilai fontsize bervariasi untuk setiap meter section. Ingat perintah #define pada bahasa C.
[Variables]
FontName=Calibri
FontColour=255,255,255, 160
FontHeight=9
AntiAlias=1
;
;
;
[Meter0]
Meter=STRING
X=10
Y=4
Text="Temperatur1"
FontColor=#FontColour#
FontSize=#FontHeight#
StringAlign=LEFT
FontFace=#FontName#
AntiAlias=1
[Meter1]
Meter=STRING
X=10
Y=28
Text="Temperatur2"
FontColor=#FontColour#
FontSize=12
StringAlign=LEFT
FontFace=courier new
AntiAlias=1
Pada meter section [ Meter0] menggunakan nilai variabel global yang sudah dideklarasikan pada variable section [Variables] sedangkan pada meter section [Meter1] parameter FontSize dan FontFace menggunakan nilai yang dideklarasikan sendiri.
Selain untuk deklarasi nilai, variable section juga bisa digunakan untuk mendeklarasikan alamat suatu link atau URL untuk mengambil informasi dari alamat Link atau URL tersebut.
[Variables]
RSSURL = http://rss.detik.com/index.php/hot
RSSLink = http://www.kompas.com/getrss/sains
Selain untuk deklarasi nilai, variable section juga bisa digunakan untuk mendeklarasikan alamat suatu link atau URL untuk mengambil informasi dari alamat Link atau URL tersebut.
[Variables]
RSSURL = http://rss.detik.com/index.php/hot
RSSLink = http://www.kompas.com/getrss/sains
[Measures]
Measures section merupakan fungsi utama dari rainmeter. Bagian ini digunakan untuk mengambil ukuran nilai statistik sistem, waktu dan tanggal, membaca file teks, mengambil informasi dari suatu website dan masih banyak lagi.
Measures yang umumnya tersedia pada rainmeter :
· CPU – menampilkan data beban total dari semua CPU
· Memory – menampilkan data penggunaan memori secara keseluruhan
· PhysicalMemory – menampilkan data alokasi physical memory
· SwapMemory – menampilkan data alokasi swap memori
· NetIn – menampilkan data lalu-lintas jaringan (in)
· NetOut – menampilkan data lalu-lintas jaringan (out)
· NetTotal – menampilkan data lalu-lintas jaringan total
· FreeDiskSpace – menampilkan data kapasitas disk yang tidak terpakai
· PerfMon – menampilkan data performa NT
· Uptime – meinformasikan sudah berapa lama komputer bekerja
· Plugin – didefinisikan oleh plugin eksternal
· Registry – menampilkan data nilai registry
· Time – menghitung tanggal dan waktu
· Calc – mengkalkulasikan formula
Format listing pada measures section bisa berbeda-beda tergantung parameter apa yang akan diukur . Sebagai contoh, listing dibawah merupakan measures section untuk menampilkan data suhu CPU pada komputer :
[MeasureSpeedTemp0]
Measure=Plugin
Plugin=Plugins\SpeedFanPlugin.dll
SpeedFan
SpeedFanNumber=0
[MeasureSpeedTemp1]
Measure=Plugin
Plugin=Plugins\SpeedFanPlugin.dll
SpeedFan
SpeedFanNumber=1
Listing di atas menggunakan [measures] Plugin=Plugins\SpeedFanPlugin.dll yang merupakan plugin eksternal (tidak tersedia pada rainmeter). Plugin ini berfungsi untuk membaca nilai yang diukur oleh SpeedFan. Namun aplikasi SpeedFan ini harus sudah terinstal pada komputer agar nilainya bisa terbaca oleh rainmeter.
SpeedFantype merupakan parameter yang menunjukkan tipe parameter yang diukur.
TEMPERATURE – menampilkan data nilai suhu, secara default menggunakan satuan celcius.
FAN – menampilkan data kecepatan putar fan
VOLTAGE – menampilkan data nilai tegangan
SpeedFanNumber menunjukkan nilai indeks SpeedFan. Indeks diawali dengan angka 0. Pada contoh listing di atas terdapat dua nilai yang dibaca yaitu [MeasureSpeedTemp0] dan [MeasureSpeedTemp1] sehingga pada [MeasureSpeedTemp1] menggunakan SpeedFanNumber=1.
[Meters] Meters section bisa dikatakan bagian penting lainnya disamping measures section, meters merupakan output dari rainmeter atau segala bentuk nilai yang ingin anda tampilkan pada desktop. Ada berbagai macam tipe meter, tergantung dari informasi apa yang ingin Anda tampilkan :
· Histogram
· String
· Bar
· Bitmap
· Image
· Line
· Roundline
· Rotator
· Button
Format dari meter :
[MeterName]
Meter=TypeOfMeter
MeasureName=NameOfMeasure;(jika Anda ingin menampilkan hasil measure)
Seperti halnya measure, terdapat beberapa parameter untuk meter section ini, sehingga Anda dapat mengatur dan mengendalikan informasi yang ditampilkan, informasi ini bisa berupa font, warna, ukuran, posisi dan masih banyak lagi.
Setiap meter harus memiliki nama yang unik, yang harus berada di dalam square bracket “[]”. Jumlah karakter tidak berpengaruh pada nama meter, selama tidak ada tipe bagian yang menggunakan nama yang sama dalam satu file.
Parameter=Value
Nilai dari suatu parameter bisa berbeda-beda tergantung dari tipe meter yang digunakan.
untuk membuat animasi di rainmeter berjalan cepat dan tdk terputus putus bagaimana mengeditnya...trims
BalasHapus